Blog Pribadi

Cara cepat mengunci komputer

| Senin, 19 September 2011
Apabila Anda sedang menggunakan komputer di tempat kerja / kantor, sebaiknya andamengunci (me-lock) komputer ketika hendak meninggalkannya. Hal ini tentu saja untuk mencegah orang lain yang iseng mengutak-atik komputer atau file yang sedang kita kerjakan.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan utuk mengunci komputer ini, diantaranya adalah :
  1. Apabila komputer Anda merupakan anggota dari sebuah Domain, maka untuk mengunci komputer cukup dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL dan pilih tombolLock Computer.


  2. Sedangkan apabila komputer Anda merupakan anggota dari Workgroup atau tidak terhubung ke jaringan, maka untuk mengunci komputer kita harus melakukannya dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL kemudian jendela Task Manager akan terbuka dan kita pilih menu Shutdown - Lock Computer.
Apabila Anda pengguna komputer stand alone atau anggota dari Workgroup tetapi ingin mengunci komputer dengan tampilan menu seperti cara no.1 ketika menekan tombol CTRL+ALT+DEL, maka kita harus mensetting terlebih dahulu, carannya adalah sebagai berikut :
  • Klik Start - Control Panel
  • Double klik icon User Accounts
  • Pada pilihan Pick a task.. klik "change the way users to log on or off".
  • Pada pilihan "Select logon and logoff options" hilangkan tanda checkmark pada option"Use the welcome screen"
  • Klik Apply options.
  • Sekarang untuk mengunci komputer, Anda cukup menekan tombol CTRL+ALT+DELdan tekan tombol "LOCK COMPUTER".
NB: dengan menghilangkan checkmark pada pilihan "Use the welcome screen" maka tampilan awal windows juga akan berubah yaitu tidak akan munculnya tampilan "welcome screen" yang menampilkan daftar user yang ada di komputer tersebut.

Update:
Delain cara diatas ada lagi cara yang paling cepat untuk mengunci komputer, yaitu dengan menekan tombol bergambar Windows pada keyboard lalu tekan tombol L.

0 komentar:

Posting Komentar