Blog Pribadi

Menjaga Harddisk Agar Tetap Sehat

| Senin, 19 September 2011
Untuk menghindari hardisk mati maka dilakukan langkah-langkah untuk merawat kesehatan hardisk;

Jalankan CHKDSK
Harddisk pada akhirnya berisi error. Error bisa dalam bentuk masalah fisik, masalah sofware, masalah tabel partisi dan banyak lagi. Masalah bad sector, cluster yang hilang, file yang tersebar, dan/error direktori akan dicoba ditangani oleh program chkdsk.
Cara terbaik menggunakan chkdsk adalah menjalankan pada saat boot berikutnya dengan perintah chkdsk X:/f. (X adalah harddisk yang akan diperiksa. Perintah itu akan memberi tahu Anda bahwa harddisk dikunci dan akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan chkdsk pada saat sistem restart. Pilih Y untuk mengiyakan tindakan tersebut.

Gunakan Utiliti Monotoring
Banyak aplikasi di luar sana yang bisa digunakan untuk memantau kesehatan harddisk kita. Salah satunya adalah Acronis Drive Monitor yang akan memantau semuanya, mulai suhu harddisk sampai persentase ruang kosong. Tool itu dapat diatur untuk mengirimkan e-mail pemberitahuan jika ada sesuatu yang salah pada harddisk yang sedang dipantau. Pemberitahuan itu merupakan cara sederhana untuk tetap proaktif dalam mengantisipasi kegagalan hardisk.

Instalasi Sistem Operasi dan Data secara Terpisah
Dengan memisahkan data ke harddisk yang berbeda, pembaca/penulisan di harddisk tempat instalasi sistem operasi (SO) akan lebih sedikit karena banyak oerasi I/O terjadi pada hardisk data. Dengan melakukan hal itu, kita memperpanjang umur harddisk tempat SO diinstal serta mempermudah pemindahan data jika harddisk SO gagal.

Sirkulasi Udara Yang Cukup
Walaupun masalah sirkulasi udara yang cukup sebenarnya tidak perlu disebutkan lagi, masih banyak orang yang mengabaikannya. Jika PC itu diletakkan di lemari tanpa sirkulasi maka PC tersebut akan panas sehingga akan memperpendek komponen di dalamnya. Maka PC Anda harus cukup sirkulasi udara untuk mendinginkan PC Kita.

Waspada Arus Statis
Arus statis merupakan musuh komponen komputer. Sebelum memegang komponen. pastikan Anda menetralisasikan diri Anda terutama pada musim dingin atau di daerah udara kering. Jika Anda seperti mendapat kejutan setiap kali menyentuh harddisk, itu pertanda bahwa Anda harus ekstra hati-hati saat menangai harddisk tersebut. Perhatikan juga peletakan harddisk, kadang ada diantara kita yang meletakkan harddisk diatas speaker, TV, dan peralatan rumahtngga/perangkat lain yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Defragmentasi Hardisk
Drive yang terfragmentasi didorong untuk bekerja lebih keras daripada yang seharusnya. Padahal semua harddisk harus dugunakan pada kondisi yang paling efisien untuk menghindari pemakaian atau aus berlebihan, termasuk fragmentasi. Untuk amanya, ataur PC Anda untuk melakukan defragmentasi setiap minggu. Fungsinya untuk memperpanjang umur harddisk dengan manjaga struktur file agar lebih efisien sehingga head baca tidak terlalu banyak atau sering bergerak.

Gunakan Solid State Drive
Solid state drive pada dasarnya hanya drive flash berukuran besar sehingga mereka tidak memiliki bagian yang bergerak. Tanpa adanya bagian yang bergerak, umur drive (secara keseluruhan) sudah tentu akan lebih lama dibanding drive yang mempunyai head, plat, dan bantalan.

Lakukan Penghematan Daya
Hampir pada setiap OS kita dapat mengonfigurasi harddisk untuk diam setelah selang waktu tertentu. Pada beberapa OS lama, harddisk akan berputar 24/7 yang secara drastis akan memperpendek umur harddisk. Secara default, Window7 menggunakan power plan Balanced yang akan mematikan harddisk setelah 10-20 menit tanpa aktivitas. Jika mengubahnya ke selang waktu yang lebih singkat, Anda bisa menambah umur hardisk. Namun jangan sampai harddisk terlalu tidur, usahan selang waktunya tidak kurang dari 15 menit karena ketika tidur harddisk tidak berputar. Bila harddisk tidak berputar, tidak ada energi yang tersedia.

Kencangkan Sekrup
Sekrup (yang mengencangkan harddisk ke casing PC) yang longgar dapat menyebabkan getaran yang berlebihan. Getaran tersebut dapat merusak plat harddisk. Jika nda mendengar getaran dari dalam PC, buka dan pastikan sekrup harddisk dalam keadaan kencang. Menjada hardware tetap rapi dan kencang akan membantu memperpanjang umur hardware.

Backup
Semua barang ada masa pakinya, pada akhirnya, harddisk akan mati. Tidak peduli bagaimana hati-hatinya Anda, tidak peduli berapa banyak langkah yang Anda ambil untuk mencegah kegagalan, harddisk pada akhirnya akan mati. Jika Anda memiliki backup, stidaknya perpindahan dari satu harddisk ke yang lain tidak akan menyulitkan. Dengan menggunakan utiliti bacup, Anda dapat mentransfer image dari salah satu harddisk ke harddisk yang lain tanpa kesulitan yang berarti.

0 komentar:

Posting Komentar