Blog Pribadi

Merubah Partisi Harddisk Dari FAT32 ke NTFS

| Senin, 19 September 2011
Mungkin kita punya komputer lama dimana partisi yang digunakan masih berupa FAT32, Nah sekarangkan FAT32 sudah nggak jaman lagi. Atau mungkin suatu saat kita format haddisk dan ternyata salah memilih jenis partisi. Selain itu FAT32 juga performanya kurang dibandingkan dengan NTFS. Oleh karena itu kita perlu merubahnya ke NTFS. Biasanya kan kalau kita mau merubah partisi harus diformat dulu harddisk-nya, dan ternyata file yang ada di komputer kita sangat bayak kalau mau di backup butuh waktu lama, lagian media yang digunakan juga cukup besar. Dari pada pusing mikirin hal itu, kita bisa menggunakan cara berikut :

Pertama, kita masuk CommandPrompt (CMD). Kemudian masuk ke drive yang ingin di rubah partisinya. Kita bisa menampilkan seluruh pilihan parameternya dengan cara mengetikkan “help convert” pada DOS prompt di Windows Anda.

Intinya ada dua parameter yang penting pada perintah CONVERT ini, yaitu volume dan /FS:NTFS.
Pada kasus ini ingin mengkonversi drive C dari FAT32 menjadi NTFS, maka perintah yang harus diketikkan adalah :
CONVERT C: /FS:NTFS
Selanjutnya sistem operasi Windows XP akan melakukan konversi file system pada drive yang dimaksud menjadi NTFS. Akhirnya, tidak sampai 15 menit drive C komputer saya yang tadinya FAT32 sudah menjadi NTFS dengan lancar. Akses lebih cepat, beberapa aplikasi yang tadinya tidak bisa diinstall sekarang bisa.

0 komentar:

Posting Komentar